Layanan Donatur

Sompo Welfare Foundation dan Dompet Dhuafa Salurkan bantuan Alat Bantu Dengar dan Fasilitas Terapi

Purwokerto – Bertempat di kantor Layanan Kesehatan Cuma-Cuma (LKC) Dompet Dhuafa Jawa Tengah di Purwokerto, kabupaten Banyumas, Jateng, serah terima bantuan Sompo Welfare Foundation berupa Alat bantu Dengar (ABD/HADs) dan renovasi ruangan terapi anak-anak disabilitas rungu digelar pada Senin (25/3). Bantuan sebesar 6.400 USD didedikasikan untuk  anak-anak berkebutuhan khusus, disabilitas rungu yang membutuhkan ABD. Sasaran program adalah anak-anak usia sekolah dari Kabupaten Banyumas dan Kebumen Jateng. Sebanyak 8 anak terpilih stelah serangkaian asessment, observasi serta pemeriksaan penunjang medis. Total terdapat 14 unit ABD disalurkan, karena ada 2 anak yang hanya mendaptkan masing-masing 1 unit karena kondisi telinga yang masih berfungsi.

Hadir dalam kegiatan ini orang tua calon penerima manfaar, anak dengan gangguan rungu, perwakilan guru dari sekolah sasaran, Dinas Pendidikan secara luring dan daring.  Dalam sambutanya melalui zoom, Marsiana, selaku Head of oprasional Marketing-Brand, Marketing and Communication, mewakili Sompo Welfare Foundation berharap dana hibah ini, dapat bermanfaat secara berkelanjutan bagi adik-adik penerima manfaat dengan gangguan pendengaran. Dirinya juga berharap bantuan alat bantu dengar dan ruang terapi persembahan Sompo Welfare Foundation dapat meningkatkan kemampuan belajar dan menunjang kehidupan yanng lebih baik .

Robani, S.Pd, M.Pd kepala Seksi Kurikulum Sekolah Dasar Dinas Pendidikan Kabupaten Banyumas, mengucapkan banyak terima kasih atas kerjasama dan pelibatan Dompet Dhuafa dalam program yang menyasar siswa/siswi didik kami. Salah satu penerima manfaat, Satria Adiputra Januar (7), putra pasangan Mujahidin dan Eli Purwanti dari  Desa Plangkapan, Kec. Tambak, Kab. Banyumas, Jateng  terdeteksi Hearing Loss Berat (Profound)/gangguan dengar berat sejak usia 15 bulan akibat virus Cytomegalovirus (CMV). Eli Purwanti, mengungkapkan rasa sykurnya atas bantuan yang seperti mimpi bagi dia dan suaminya. Sewaktu diberitahukan dokter harga alatnya mahal, kami sudah pada titik yang penting anak mau sekolah. Alhamdulillah dengan bantuan ABD ini, berharap Satria memiliki masa depan yang lebih baik seperti anak-anak lainnya.

Berdasarkan hasil Riset Dasar Kesehatan (Riskesdas) Kementrian Kesehatan Tahun 2013, prevalensi ketulian di Indonesia diperkirakan 4,5% (11,5 juta) dengan penyebab penyakit telinga 18,5%, gangguan pendengaran 16,8%, dan tuli berat 0,4%. Angka ini tertinggi pada usia 7-18 tahun atau pada anak usia SD, SMP, dan SMA.  Seperti Satria dan tujuh anak lainnya rata-rata dari hasil pemeriksaan yang dikawal oleh tim kesehatan LKC Dompet Dhuafa, memiliki gangguan dengar level berat (profound), ujar Zaini Tafrikhan selaku Pimpinan cabang Dompet Dhuafa Jawa Tengah. Kami bekerjasama dengan banyak pihak untuk merawat mimpi dan harapan orang tua serta anak-anak dengan gangguan dengan melalui program Peduli Tunarungu Indonesia. Digagas sejak 2016, fokus program Peduli Tunarungu Indonesia pada aktivitas skrining hearing loss, bantuan ABD, edukasi dan pendampingan berupa terapi bagi anak-anak yang sudah mendapatkan Alat Bantu Dengar (ABD). Selain itu, Dompet Dhuafa juga turut serta dalam kampanye hak-hak penydang disabilitas rungu melalui pembinaan komunitas, event serta dukungan program.

Sebagai penutup, Zaini mengucapkan banyak terima kasih kepada Sompo Welfare Foundation atas sinergi program ini, dukungan renovasi ruang terapi menjadikan program ini terus berkelanjutan, tidak berhenti pada bantuan lepas.

.

.

Sumber : @ddjateng

Facebook
Twitter
WhatsApp

Alirkan Kebaikan

Baca Kabar Lainnya

WhatsApp Image 2024-04-03 at 7.09
Sedekah Al-Qur'an untuk Santri di Lereng Gunung Merbabu
DSC00513
Dompet Dhuafa Resmikan Masjid Zuiva Attaqi Untuk Kemaslahatan Umat
3
Bahagiakan Ratusan Yatim dan Penghafal Al-Quran, Dompet Dhuafa Jateng Ajak Belanja Bareng & Fun Charity di The Park Semarang
9
Dukung Gerakan Green Ramadan, DDV Chapter Purwokerto bagikan 200 paket Eco takjil
5
Bantu Puluhan Santri di Jawa Tengah Melihat dengan Jelas, Dompet Dhuafa Jateng Gandeng MTT Telkomsel Kolaborasi Program Indonesia Menatap Dunia.
2
Sompo Welfare Foundation dan Dompet Dhuafa Salurkan bantuan Alat Bantu Dengar dan Fasilitas Terapi
7
Peringati Hari Tuberculosis Sedunia, Dompet Dhuafa Jawa Tengah Dan Mentari Sehat Indonesia Distribusikan Paket Gizi Untuk Pejuang TB
5
Tak Hanya Evakuasi, Tim DMC-Dompet Dhuafa Jateng Menggunakan Perahu Jadi Ambulans Air
WhatsApp Image 2024-03-15 at 19.14
Banjir Rendam Kota Semarang, DMC Dompet Dhuafa Jawa Tengah Distribusikan Ratusan Kebutuhan Pokok Untuk Warga Terdampak.
5
Sambut Bulan Suci Ramadan 1445H,Dompet Dhuafa Jawa Tengah Adakan Tarhib Ramadan.

Layanan Donatur