Layanan Donatur

Respon Cepat Banjir di Grobogan, Dompet Dhuafa Jateng Kirim Tim Tanggap Bencana untuk Bantu Warga Terdampak.

Padas, Grobogan – Indonesia Siap Siaga, Dompet Dhuafa Jawa Tengah kirimkan tim darurat tanggap bencana pada 06 Januari 2024 di desa Padas, Kab. Grobogan, Jawa Tengah.

Diketahui beberapa wilayah di Provinsi Jawa Tengah mengalami curah hujan yang cukup tinggi dalam beberapa hari terakhir yang mengakibatkan beberapa wilayah terendam banjir. Diantaranya adalah Kab. Demak, Kab. Grobogan, Kab. Purwodadi, Kab. Tegal, Kab. Cilacap, dan Kab. Brebes yang dilaporkan terendam banjir sejak hujan dengan intensitas tinggi pada 05 Februari lalu mengguyur kawasan tersebut.

Menanggapi laporan tersebut, Dompet Dhuafa Jawa Tengah mengirimkan tim Disaster Management Centre(DMC) ke masing-masing wilayah untuk membantu Masyarakat yang terdampak.

Sebagai informasi, Berdasarkan update data Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Jawa Tengah pada 6 Februari 2024 pukul 12.00 WIB, banjir tersebut merendam 32 desa di 12 kecamatan di Kabupaten Grobogan. Kecamatan yang terdampak banjir tersebut meliputi, Godong, Tawangharjo, Geyer, dan Tegowanu, Penawangan, Purwodadi, Toroh, Karangrayung, Kedungjati, Tanggungharjo, Grobogan, dan Gubug.

Banjir merendam 2.662 rumah, 56 hektare area persawahan seluas, 6 unit fasilitas pendidikan, 1 unit rumah ibadah, 1 kandang sapi, serta rusaknya talud, rabat beton, pemadasan.

Dilansir dari jatengprov.go.id hujan dengan intensitas tinggi tersebut mengakibatkan volume air di tiga daerah aliran sungai (DAS), yaitu Sungai Lusi, Serang, dan Tuntang yang berada di Kabupaten Grobogan meluap. Di Kecamatan Gubug, banjir menyebabkan Jalan Raya Purwodadi-Gubug terendam limpasan air di sisi Barat jembatan, sehingga lalu lintas terputus.

Wahyu Setiawan selaku SPV Program Dompet Dhuafa menyampaikan bahwa tim nya sedang berupaya membantu Masyarakat yang terdampak di wilayah tersebut. “Alhamdulillah tim kami sudah diberangkatkan ke Kec. Kedungjati di Kab. Grobogan, selain itu juga ada yang diberangkatkan ke Kab. Brebes, dan hari ini pun ada yang masih bertugas di tegal untuk membersamai Masyarakat yang terdampak.” Demikian disampaikan beliau dalam keterangannya.

.

.

Sumber : @ddjateng

Facebook
Twitter
WhatsApp

Alirkan Kebaikan

Baca Kabar Lainnya

WhatsApp Image 2024-02-07 at 16.43
Respon Cepat Banjir di Grobogan, Dompet Dhuafa Jateng Kirim Tim Tanggap Bencana untuk Bantu Warga Terdampak.
DSC03753
Bangun Soliditas Pengelola Kantin Kontainer, Dompet Dhuafa Jawa Tengah Adakan Capacity Building Pengelola Kantin Kontainer Se-Jawa Tengah
WhatsApp Image 2024-01-29 at 12.46
Hadiri Working Group Discussion, Dompet Dhuafa Jateng Bersama IOM Indonesia, SEMUT Nusantara, dan Pemkab Wonosobo, Gagas Pengembangan Desa Migran Sejahtera
WhatsApp Image 2024-01-24 at 14.08
Bayar Zakat Penghasilan: Pertahun atau Perbulan?
WhatsApp Image 2024-01-09 at 14.48
Temu Kolaboraksi Untuk Palestina: Refleksi Peranan Indonesia dalam Perjuangan Palestina
2
Mengapa Semangka Menjadi Simbol Perlawanan Palestina?
1
Dompet Dhuafa Jateng Gelar Pelatihan Manajemen Bencana Bagi Awardee YBM Brilian Regional Office Yogyakarta
WhatsApp Image 2023-12-19 at 11.36
Dompet Dhuafa Jateng "Nguri-uri Budoyo" lewat Aksi Seni Nusantara kolaborasi lintas generasi
9
Lansia Bahagia dan Sehat, LKC Dompet Dhuafa Jawa Tengah Laksanakan Fun And Healthy Gathering Bersama Pos Sehat Forsilaba
10
Peringati Hari HIV/AIDS LKC Dompet Dhuafa Jateng Gandeng KPAD Cilacap Gelar Aksi Layan Sehat (ALS) di Pondok Pesantren Al Fatah Maos

Layanan Donatur