Layanan Donatur

Peringati Hari HIV/AIDS LKC Dompet Dhuafa Jateng Gandeng KPAD Cilacap Gelar Aksi Layan Sehat (ALS) di Pondok Pesantren Al Fatah Maos

Kamis(07/12), dalam upaya meningkatkan sinergi dengan pondok pesantren Al Fatah Maos, LKC Dompet Dhuafa adakan kegiatan peringatan hari HIV/AIDS dan ALS di pondok pesantren Al Fatah Maos di Desa Maos Lor Kec, Maos Kab. Cilacap.

Rangkaian kegiatan yang dilaksanakan antara lain Sosialisai HIV/AIDS oleh KPAD (Komisi Penanggulangan HIV AIDS Kabupaten Cilacap, Sosialisai Penanganan Bantuan Hidup Dasar, pemeriksaan kesehatan (cek berat badan, tekanan darah, cek HB bagi santri putri) serta pengobatan bagi santri yang mempunyai keluhan.

Kegiatan ini di hadiri oleh 112 santri putra, 199 santri putri serta 9 warga sekitar Pondok Pesantren.

Dari hasil pemeriksaan didapatkan 55 santri putri mengalami anemia ringan dan rata – rata santri dalam keadaan sehat. Para santri sangat antusias dalam mengikuti kegiatan ini, karena selain menambah wawasan juga mendapatkan doorprize bagi santri yang aktif dalam kegiatan.

Peringatan Hari AIDS Sedunia jatuh pada tanggal 1 Desember setiap tahunnya. Momentum untuk meningkatkan kesadaran global terkait masalah kesehatan HIV/AIDS. LKC Dompet Dhuafa Jateng berkomitmen sinergi dengan berbagai pihak untuk bersama-sama stakeholder lainnya terlibat dalam isu HIV AIDS terutama menyebarkan informasi pencegahan dan advokasi penderita untuk, ungkap Titi Ngudiati,Kepala LKC Dompet Dhuafa Jateng.

Dikutip dari laman resmi World Health Organization (WHO), tema Hari AIDS Sedunia 2023 adalah ‘Let Communities Lead’. tema ini mengirimkan pesan tentang bagaiman komunitas-komunitas dunia untuk kampanye mengenai bahaya dan efek AIDS. Melalui keterlibatan komunitas diyakini bisa menurunkan angka penderita AIDS.

HIV/AIDS tetap menjadi masalah kesehatan masyarakat utama yang mempengaruhi jutaan orang di seluruh dunia. Selama beberapa tahun terakhir, sumber daya menyusut dan jutaan nyawa terancam akibat penyakit HIV/AIDS.

Pimpinan pondok pesantren Al Fatah Maos Cilacap, H. Arif Hisbulloh
sangat berterimakasih dengan adanya kegiatan ini, dikarenakan kesehatan para santri jadi terpantau secara berkala. Beliau juga berharap kegiatan ini tidak sampai disini saja, semoga kedepannya bisa terus menjalin Kerjasama.

Sementara KPAD Kabupaten Cilacap, Bapak Rubino Sriadji, S.Psi.Msi. mendukung keterlibatan LKC Dompet Dhuafa dalam kampanye bahaya HIV AIDS pada Gen Z.

.

.

Sumber : @ddjateng

Facebook
Twitter
WhatsApp

Alirkan Kebaikan

Baca Kabar Lainnya

WhatsApp Image 2024-02-07 at 16.43
Respon Cepat Banjir di Grobogan, Dompet Dhuafa Jateng Kirim Tim Tanggap Bencana untuk Bantu Warga Terdampak.
DSC03753
Bangun Soliditas Pengelola Kantin Kontainer, Dompet Dhuafa Jawa Tengah Adakan Capacity Building Pengelola Kantin Kontainer Se-Jawa Tengah
WhatsApp Image 2024-01-29 at 12.46
Hadiri Working Group Discussion, Dompet Dhuafa Jateng Bersama IOM Indonesia, SEMUT Nusantara, dan Pemkab Wonosobo, Gagas Pengembangan Desa Migran Sejahtera
WhatsApp Image 2024-01-24 at 14.08
Bayar Zakat Penghasilan: Pertahun atau Perbulan?
WhatsApp Image 2024-01-09 at 14.48
Temu Kolaboraksi Untuk Palestina: Refleksi Peranan Indonesia dalam Perjuangan Palestina
2
Mengapa Semangka Menjadi Simbol Perlawanan Palestina?
1
Dompet Dhuafa Jateng Gelar Pelatihan Manajemen Bencana Bagi Awardee YBM Brilian Regional Office Yogyakarta
WhatsApp Image 2023-12-19 at 11.36
Dompet Dhuafa Jateng "Nguri-uri Budoyo" lewat Aksi Seni Nusantara kolaborasi lintas generasi
9
Lansia Bahagia dan Sehat, LKC Dompet Dhuafa Jawa Tengah Laksanakan Fun And Healthy Gathering Bersama Pos Sehat Forsilaba
10
Peringati Hari HIV/AIDS LKC Dompet Dhuafa Jateng Gandeng KPAD Cilacap Gelar Aksi Layan Sehat (ALS) di Pondok Pesantren Al Fatah Maos

Layanan Donatur