Layanan Donatur

El-Nino Perburuk Musim Kemarau, Dompet Dhuafa Jateng Respon Kekeringan dengan Distribusi Air Bersih untuk Wilayah Terdampak

Blora – Dompet Dhuafa jateng kembali kirimkan bantuan air bersih untuk masyarakat di Jawa Tengah yang kesulitan mendapatkan air bersih. puluhan mobil tangki air berkapasitas 6.000L hingga 8.000L dikerahkan untuk membantu masyarakat di Jawa Tengah menghadapi musim kemarau Panjang, berdasarkan laporan diperkirakan sebanyak 4.713 jiwa di berbagai daerah terutama Kab. Blora, Kab. Demak, dan Kab. Semarang merasakan manfaat dari bantuan air bersih tersebut.

Mengutip dari Kompas.id, setidaknya ada 114 desa di 56 kecamatan yang terdampak kekeringan dan Ratusan desa itu tersebar di 18 kabupaten/kota menurut data Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Jateng, sementara wilayah yang terdampak kekeringan paling parah adalah Grobogan, Blora, dan Sragen.

Menurut Wahyu Setiawan selaku SPV Program Layanan Sosial Dakwah, Dompet Dhuafa Jawa Tengah sudah mendapatkan laporan dan permohonan bantuan air bersih dari banyak daerah sejak juli lalu, dan sudah di respon dengan pengiriman belasan mobil tangki air berkapasitas 6.000L ke Wonogiri, Blora, Demak, dan Kab.Semarang per 26 Agustus 2023 lalu.

“iya kita sudah dapat laporan mengenai kekeringan itu sejak akhir Juli, permohonan bantuan air bersih juga masuk dari banyak tempat, dan sudah kita kirimkan juga air bersih ke sana sesuai permohonan, baru-baru ini alhamdulillah sudah kita kirimkan ke Kab. Semarang, Kab, Demak, dan Kab. Blora sebanyak 34 mobil tangki air, kapasitasnya masing-masing 6000L – 8000L”. ungkapnya saat dimintai keterangan.

Senada dengan itu Pimpinan Cabang Dompet Dhuafa Jateng bapak Zaini Tafrikhan juga menyampaikan keprihatinannya terkait fenomena El-Nino yang memperburuk musim kemarau di banyak wilayah dan menyatakan kesiapan Dompet Dhuafa Jateng untuk bersama-sama dengan pemerintah terkait membantu masyarakat melewati krisisi air bersih ini.

“saya turut prihatin dengan apa yang dialami banyak saudara-saudari kita yang kesulitan air bersih belakangan ini, selain musim kemarau yang datang lebih awal situasi ini juga diperburuk dengan adanya anomali cuaca El- Nino, oleh karena itu saya menghimbau kepada Masyarakat untuk senantiasa berhemat dalam menggunakan air dan menjaga sumber air bersih di sekitar kita, saya juga mengajak kepada Masyarakat luas secara umum untuk tidak mencemari lingkungan sehingga di masa mendatang krisis air bersih dapat diminimalisir”. Demikian disampaikan beliau dalam keterangannya.

Sebagai informasi bahwa saat ini terjadi kekeringan dan krisis air bersih di berbagai wilayah di pulau jawa, di Provinsi Jawa Tengah sendiri kekeringan terparah dialami Grobogan, Sragen, dan Blora, bahkan Bendungan Kedungdowo di Kab.Batang yang biasanya dapat mengalirkan air hingga 1.500 liter per detik yang mana debit air tersebut dapat mengairi 1.176 hektar lahan pertanian. Namun sejak kemarau melanda, debit air yang dialirkan Bendungan Kedungdowo hanya mampu sebanyak 680 liter per detik, padahal bendungan tersebut berperan penting dalam saluran irigasi dan pengairan sawah Masyarakat sekitar, hal ini pula yang menjadikan Masyarakat sekitar khawatir akan gagal panen musim ini.

.

.

Sumber : @ddjateng

Facebook
Twitter
WhatsApp

Alirkan Kebaikan

Baca Kabar Lainnya

WhatsApp Image 2024-04-03 at 7.09
Sedekah Al-Qur'an untuk Santri di Lereng Gunung Merbabu
DSC00513
Dompet Dhuafa Resmikan Masjid Zuiva Attaqi Untuk Kemaslahatan Umat
3
Bahagiakan Ratusan Yatim dan Penghafal Al-Quran, Dompet Dhuafa Jateng Ajak Belanja Bareng & Fun Charity di The Park Semarang
9
Dukung Gerakan Green Ramadan, DDV Chapter Purwokerto bagikan 200 paket Eco takjil
5
Bantu Puluhan Santri di Jawa Tengah Melihat dengan Jelas, Dompet Dhuafa Jateng Gandeng MTT Telkomsel Kolaborasi Program Indonesia Menatap Dunia.
2
Sompo Welfare Foundation dan Dompet Dhuafa Salurkan bantuan Alat Bantu Dengar dan Fasilitas Terapi
7
Peringati Hari Tuberculosis Sedunia, Dompet Dhuafa Jawa Tengah Dan Mentari Sehat Indonesia Distribusikan Paket Gizi Untuk Pejuang TB
5
Tak Hanya Evakuasi, Tim DMC-Dompet Dhuafa Jateng Menggunakan Perahu Jadi Ambulans Air
WhatsApp Image 2024-03-15 at 19.14
Banjir Rendam Kota Semarang, DMC Dompet Dhuafa Jawa Tengah Distribusikan Ratusan Kebutuhan Pokok Untuk Warga Terdampak.
5
Sambut Bulan Suci Ramadan 1445H,Dompet Dhuafa Jawa Tengah Adakan Tarhib Ramadan.

Layanan Donatur