Layanan Donatur

Dompet Dhuafa Bantu Warga Jlarem Di Lereng Gunung Merbabu Akses Air Bersih

Tim Dompet Dhuafa Jateng bersama warga sedang membangun saluran pipa air bersih di lereng Merbabu

Boyolali, 15/08/2023 – Dompet Dhuafa Jawa Tengah bantu warga desa Jlarem di lereng gunung Merbabu mendapatkan akses air bersih dengan membangun saluran pipa air bersih yang menghubungkan sumber mata air di puncak gunung merbabu dengan rumah warga di Desa Jlarem, Kec. Gladagsari, Kab. Boyolali.

Turut hadir pula dalam peresmian program air untuk kehidupan (AUK) tersebut Ustadz Herman Budianto selaku General Manager Lingkungan dan Budaya, beliau menyampaikan bahwa program ini dapat terwujud dari kepedulian para donatur Dompet Dhuafa di seluruh Nusantara.

“Alhamdulillah melalui wasilah ini dapat tersalurkan kembali titipan para donatur Dompet Dhuafa dari seluruh Nusantara, semoga dengan hadirnya fasilitas ini dapat menjadikan aktivitas serta ibadah Masyarakat semakin mudah dan nyaman” demikian disampaikan oleh Ustadz Herman Budianto dalam sambutannya.

Ustadz Herman Budianto sedang menyapa masyarakat Desa Jlarem

Diketahui desa tertinggi di lereng gunung Merbabu tersebut kesulitan mendapatkan air bersih terutama di musim kemarau, pasalnya lanskap di desa Jlarem menjadikan Masyarakat di sana tidak dapat menggali sumur dikarenakan tanah yang berbatu dan letaknya yang berada di dataran tinggi, sehingga Masyarakat disana bergantung pada air hujan untuk mengairi perkebunan, sementara untuk kebutuhan sehari-hari Masyarakat mengalirkan air dari sumber mata air dari puncak gunung merbabu menggunakan pipa yang disambungkan untuk di tampung dalam sebuah tangki penampungan agar dapat di alirkan ke pemukiman warga.

Hal ini menyulitkan warga yang Sebagian besar mencari nafkah dengan Bertani, bahkan tidak sedikit tanaman yang gagal panen akibat kekeringan ini, hal ini disampaikan pula oleh bapak Teguh Karyanto selaku kepala Desa Jlarem yang kesulitan menghadapi krisis air bersih yang melanda Desa Jlarem dan sangat mengapresiasi di inisisasinya program Air Untuk Kehidupan.

“di desa Jlarem ini ada total tujuh dukuh, dan hampir semuanya kesulitan mendapatkan air bersih, hal ini menjadi masalah besar bagi kami yang mencari penghidupan dengan bertani, apalagi sekarang musim kemarau, oleh karena itu saya menyambut baik program Air Untuk Kehidupan ini yang di inisiasi oleh Dompet Dhuafa, dan saya mewakili Masyarakat di Desa Jlarem menyampaikan terimakasih yang sebesar-besarnya kepada donatur Dompet Dhuafa di seluruh Nusantara atas terwujudnya program ini.” Katanya saat menyambut kedatangan tim Dompet Dhuafa.

Senada dengan kondisi kemarau di Jawa Tengah, Pimpinan Cabang Dompet Dhuafa Jateng Zaini Tafrikhan juga menyampampaikan bahwa dalam 3 bulan terakhir Dompet Dhuafa Jawa Tengah sudah mendapat laporan dan ajuan bantuan air bersih di beberapa wilayah yang kekeringan. “dari bulan juni – awal agustus Dompet Dhuafa Jateng mendapatkan laporan kekeringan di wilayah Demak, Wonogiri, Cilacap dan Boyolali. Alhamdulillah beberapa titik sudah kita drop tangki air bersih untuk di konsumsi langsung. Selebihnya kita buatkan program pipanisasi seperti yang ada di Boyolali ini.” Tungkasnya usai meresmikan program Air Untuk Kehidupan di desa Jlarem kemarin.

.

.

Sumber : @ddjateng

Facebook
Twitter
WhatsApp

Alirkan Kebaikan

Baca Kabar Lainnya

WhatsApp Image 2024-04-03 at 7.09
Sedekah Al-Qur'an untuk Santri di Lereng Gunung Merbabu
DSC00513
Dompet Dhuafa Resmikan Masjid Zuiva Attaqi Untuk Kemaslahatan Umat
3
Bahagiakan Ratusan Yatim dan Penghafal Al-Quran, Dompet Dhuafa Jateng Ajak Belanja Bareng & Fun Charity di The Park Semarang
9
Dukung Gerakan Green Ramadan, DDV Chapter Purwokerto bagikan 200 paket Eco takjil
5
Bantu Puluhan Santri di Jawa Tengah Melihat dengan Jelas, Dompet Dhuafa Jateng Gandeng MTT Telkomsel Kolaborasi Program Indonesia Menatap Dunia.
2
Sompo Welfare Foundation dan Dompet Dhuafa Salurkan bantuan Alat Bantu Dengar dan Fasilitas Terapi
7
Peringati Hari Tuberculosis Sedunia, Dompet Dhuafa Jawa Tengah Dan Mentari Sehat Indonesia Distribusikan Paket Gizi Untuk Pejuang TB
5
Tak Hanya Evakuasi, Tim DMC-Dompet Dhuafa Jateng Menggunakan Perahu Jadi Ambulans Air
WhatsApp Image 2024-03-15 at 19.14
Banjir Rendam Kota Semarang, DMC Dompet Dhuafa Jawa Tengah Distribusikan Ratusan Kebutuhan Pokok Untuk Warga Terdampak.
5
Sambut Bulan Suci Ramadan 1445H,Dompet Dhuafa Jawa Tengah Adakan Tarhib Ramadan.

Layanan Donatur