PASCA BANJIR LKC DD JATENG KAMPANYEKAN HARI CUCI TANGAN PAKAI SABUN SEDUNIA DI CILACAP

Purwokerto-Dalam rangka Hari Cuci Tangan Pakai Sabu Sedunia yang diperingati setiap bulan Oktober, LKC Dompet Dhuafa Jateng edukasi dan kampanye di Madrasah Ibtidaiyah Gentasari, Kroya, Cilacap (22/10). MI ini merupakan langganan banjir setiap musim penghujan tiba.

Selama bulan Oktober 2022, serangkaian kegiatan memperingati Hari Cuci Tangan Sedunia digelar di dua kabupaten di Jawa Tengah, yaitu SD di Kabupaten Banyumas dan MI di Kabupaten Cilacap. Melibatkan unsur komunitas dan akademisi, HTCPS 2022 turut disuskeskan oleh komunitas Dompet Dhuafa Volunteer (DDV), dan Mahasiswa dari Koas Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Jendral Soedirman Purwokerto.

Dua sekolah setingakat SD dan MI dipilih sebagai lokasi sasaran kampanye, untuk bersama-sama merubah perilaku hidup bersih dan hidup sehat dimulai sejak dini. MI Muhammadiyah Sanmunawar Gentasari Kabupaten Cilacap merupakan MI yang menjadi langganan banjir setiap musim penghujan tiba. Sedangkan SDN 02 Sumbang Banyumas merupakan salah satu sekolah yang berada dilokasi Program Kawasan Sehat Sanitasi LKC Dompet Dhuafa Jawa Tengah. Total peserta terlibat dalam kamapnye gerakan cuci tangan pakai sabun sebanyak 328 siswa/siswi.

Dalam rangkaian kampanye gerakan cuci tangan pakai sabun ini juga dilakukan edukasi enam langkah mencuci tangan oleh dokter Gerai Sehat dr. Riyanti Citra Utami, praktek cuci tangan bersama-sama, permainan edukatif bersama para volunteer, pembagian paket cuci tangan dan skrining kesehatan gigi mulut pada siswa sekolah sasaran.

Kepala Madrasah Ibtidaiyah Muhammadiyah Sumbang, Amin Bahrun, menyampaikan rasa terima kasihnya atas kerjasama pkegiatan promosi kesehatan yang dilakukan oleh Dompet Dhuafa. Pasca dilanda banjir beberapa pekan ini, pihak sekolah terus berupaya untuk melakukan upaya kesehatan terutama PHBS bagi semua siswa/siswinya. Dengan adanya intervensi dari Dompet Dhuafa pihaknya merasa terbantu. Sementara itu, Dewi Astuti, A.Md, Keb selaku ketua pelaksana Promkes LKC Dompet Dhuafa Jateng mengungkapkan, sebagai lembaga jejaring kesehatan Dompet Dhuafa, LKC berkomitmen untuk terus terlibat dalam upaya kesehatan masyarakat, salah satunya dimometum Hari Cuci Tangan Pakai Tangan Sedunia. Mencuci tangan dengan sabun (CTPS) sebagai salah satu upaya pencegahan penyakit dengan memutuskan mata rantai kuman.

Peringatan HCTPS 2022 di Indonesia mengambil ‘’Bersatu untuk Tangan Bersih Sehat’’ dan sub tema ‘’Peran Perempuan dalam Penurunan Stunting melalui Stop Buang Air Besar Sembarangan (SBS) dan CTPS’’. Dompet Dhuafa terus berkomitmen menjadi bagian dari pemerintah untuk menurunkan prevalansi stunting dan peningkatan peran kader kesehatan melalui program-program pemberdayaan kesehatan berbasis keawasan di seluruh Indonesia. Salah satu pendekatan dengan melibatkan peran kader yang didominasi oleh perempuan untuk dapat menjadi agent of change dimasing-masing desa dan posyandu wilayah intervensi.

Previous
Next

Kabar Kebaikan Lainnya

Dompet Dhuafa Jawa Tengah

Jl. Pamularsih Raya No.18 C, Bojongsalaman, Kec. Semarang Bar. Kota Semarang Jawa Tengah

0815 7798 783 – (024) 7623884

Kantor Unit Purwokerto

Jl. Yayasan No.1, Berkoh, Kec. Purwokerto Sel., Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah 53146

0811 2890 287 – (0281) 632543

Kantor Unit Solo

Perumahan Citra Pesona Indah 1 – Gedongan rt04/06, Gedongan, Colomadu, Karanganyar Regency, Central Java 57173

0815 7798 783 – (024) 7623884