Kuatkan UMKM di Tengah Kondisi Bencana Melalui Program Pedagang Tangguh

Fajar Sidik (37 Tahun) atau biasa dipanggil mas Fajar. Beliau seorang penjual mie ayam dari desa Penawangan di Grobogan. Beliau menjadi tulang punggung dari keluarganya yang beranggotakan tujuh orang terdiri dari dua kaka perempuanya, bapak, ibu, dan sepupu yang tinggal bersama di rumah orangtuanya. Orangtuanya sudah tidak bisa bekerja lagi, mungkin hanya bisa membantu sedikit di sawah ketika ada orang yang membutuhkan. Sedangkan dua kakanya juga tidak memiliki pekerjaan pasti. Sehinga kehidupan keluarga ini terbebankan ke Mas Fajar.
 
Kondisi rumahnya juga termasuk memprihatinkan karena beberapa bagian sudah terlihat lapuk dan hampir roboh. Rumah yang kecil dengan jumlah keluarga yang banyak masih kurang layak untuk dihuni. Kondisi seperti itulah yang mendorong Mas Fajar giat bekerja.
 
23 Oktober 2021, hujan deras disertai angin kencang melanda Kec. Godong, Kab. Grobogan.  Suara adzan mas Fajar terdengar sayup-sayup dengan suara angin dan petir sebagai ikhtiar dan doa para pedagang agar angin kencang segera reda. Namun, angin masih terus bertiup sehingga sungai sepanjang jalan depan warung menjadi satu-satunya tempat para pedagang menyelamatkan diri.
 
Melalui info dari salah satu warga kec. Godong, Dompet Dhuafa Jawa Tengah bertemu dengan Mas Fajar. Foto-foto gerobak hancur lebur, genteng berjatuhan. Akhirnya Dompet Dhuafa melalui program Pedagang Tangguh bisa membantu pembuatan gerobak Mas Fajar agar bisa berjualan lagi. Sungguh senang melihat senyum Mas Fajar dengan mata berkaca-kaca tanda terharu. 
 
Sahabat, senyum dan haru Mas Fajar tentu ingin selalu kami hadirkan selalu di setiap laporan donasi sahabat kepada kami. Yuk terus berdonasi melalui Dompet Dhuafa dan kita bantu UMKM bangkit.
 
 

Kabar Kebaikan Lainnya